Alat Potong Untuk Busa Ati

ALAT POTONG BUSA ATI ?

Sebagian besar kostum maker pasti akan menjawab “cutter” untuk pertanyaan di atas. Memang ga salah, tapi sebenernya ada beberapa alat potong lain yang bisa digunakan. Dan masing-masing alat potong itu memiliki keunggulan/kekurangan dan fungsi masing2.

Ada beberpa alat potong yg saya tau, yaitu:

1. Cutter

Ini adalah alat ukur paling umum yang digunakan untuk memotong busa ati.

Image

Keunggulan:

  • Mudah digunakan
  • Bisa direffil dan refilnya gampang dibeli di sekitar kita
  • Ada dua ukuran yg tersedia (Besar dan Kecil)
  • Tidak perlu diasah, begitu tumpul tinggal patahin satu ruasnya aja. Ruas yg baru sama tajamnya dengan cutter baru.
  • Mudah didapat di berbagai tempat. Dari mini market sampai foto copy, bahkan warung tradisional terkadang menyediakan.
  • Variasi harga yg macam2 dari yg kurang dari lima ribu sampai yang puluhan ribu. Ya ada harga ada kualitas.
  • Relatif aman karena mata pisaunya bisa di masukkan ke badan pisau.
  • Bisa memotong busa ati dengan berbagai macam ketebalan.

Image

Kekurangan:

  • Perlu pembiasaan dalam menggunakannya. Bagi orang yg jarang atau bahkan belum pernah menggunakannya, cutter hanya akan jadi seperti pisau dapur. Kagog pasti dalam penggunaannya.
  • Kurang nyaman untuk crafting, atau memotong bentuk2 yg rumit.
  • Membutuhkan alas utk memotong. Biasanya saya menggunakan kaca atau ubin yg tidak terpakai. Asal rata dan keras, bisa jadi alas.

2. Gunting

Image

Biasanya gunting saya gunakan  untuk memotong cepat karena gunting bisa segera digunakan tanpa membutuhkan alas.

Kunggulan :

  • Tidak membutuhkan alas. Untuk pemotongan bahan secara cepat, gunting adalah pilihannya, karena tidak membutuhkan alas.
  • Mudah di dapat.
  • Tersedia berbagai jenis dengan harga yg bervariasi.
  • Mudah digunakan, hanya perlu pembiasaan sebentar untuk bisa menggunakannya. Tapi untuk menjadi ahli, ya perlu waktu untuk berlatih.

Kekurangan:

  • Tidak bisa memotong detail2 yg rumit. Tidak seperti cutter, gunting tidak bisa memotong dari tengah bahan.
  • Tidak mudah di asah. Mengasah mata gunting yg tumpul butuh alat n keahlian tersendiri. Jika tak berpengalaman malah akan membuat mata guntingnya makin tumpul.

3. Pen Cutter

ImageImage

Image

Fungsi dan cara kerjanya hampir sama dengan cutter, hanya saja lebih nyaman digunakan karena grip nya yg berbentuk seperti pen.

Keunggulan:

  • Mudah digunakan. Karena gripnya yg nyaman seperti menggunakan pen. Alat ini jadi mudah digunakan.
  • Tersedia berbagai mata pisau sesuai kebutuhan.
  • Harganya relatif terjangkau.
  • Mata pisaunya bisa di refil. Ga perlu di asah, begitu tumpul bisa dibuang.
  • Bisa untuk mengerjakan detail2 kecil yg rumit.

Image

Kekurangan:

  • Agak sulit ditemukan. Alat ini hanya tersedia di toko2 khusus. Seperti Ace Hardware dan Pongs The Best. Di toko2 buku juga kadang dijual, juga di toko2 kerajinan tangan.
  • Refile pisaunya agak sulit ditemukan, bahkan lebih sulit dari pada pisaunya sendiri.
  • Tidak bisa memotong busa ati yg terlalu tebal. Karena mata pisaunya yg tidak begitu panjang.

4. Pisau Dapur

Image

Siapapun tau alat ini. Dipake buat motong apa aja bisa, termasuk busa ati. Well tak rasa ga perlu menjelaskan kelebihan n kekurangannya.hehehehe.

 

 

5. Wood Crafting Solder/Woodburning kit

Image  Image

 

Image

Alat ini mungkin alat yg ga semua costume maker tau. Salah satu alat yg saya sarankan untuk mengerjakan ukiran detail di busa ati. Sebenernya alat ini diperuntukkan pada bahan kayu. Kalau kayu saja bisa, busa ati pasti lebih bisa.

Secara gamblang sebenernya alat ini adalah solder yg dapat diganti matanya dengan berbagai macam jenis mata. Termasuk pisau yg digunakan pada pen cutter. Dan dengan panas yg dihasilkan olehnya memotong busa hati jadi pekerjaan yg benar2 gampang. Bahkan bisa memotong sangat tipis.

Keunggulan:

  • Memiliki bermacam2 mata yg bisa diganti-ganti dan memiliki macam2 fungsi.
  • Mempermudah dalam memotong busa ati. Karena panas dipadu dengan tajamnya pisau, busa ati jadi gampang dipotong.

Image

Kekurangan:

  • Sulit ditemukan. Alat ini agak sulit ditemukan, saya sendiri beli di Ace Hardware. Dan stok nya sendiri sering kosong.
  • Harganya cukup mahal. Mungkin bagi yg berduit 150.000 cuma angin lewat. Tapi bagi kostum maker yg masih sekolah atau kuliah. Harga ini cukup menguras kantong.
  • Agak sulit handlenya. Karena grip nya yg dibuat berdasarkan bentuk solder, jadi grip dan handlingnya agak ga nyaman. Perlu pembiasaan bila mau menggunakannya utk mengukir busa ati. Dan karena daya potongnya ke busa ati bagus, jadinya harus sangat hati-hati jika ga mau merusak apa yg sudah dibuat. N saat menggunakannya dianjurkan menggunakan sarung tangan. Untuk melindungi dari hal-hal yg tidak diinginkan. Saya pribadi pernah ga sengaja mengores tangan sendiri cukup dalam dan itu ga berasa karena sangat tajam dan panas. Tau tau dah berdarah aja.hohohohoho
  • Perlu sering dibersihkan. Dikarenakan alat ini tidak dibuat untuk mengolah bahan plastik. Makanya saat digunakan untuk busa ati sering terjadi bagian busa ati yg gosong menempel ke ujungnya.

Beberapa alat potong diatas dapat digunakan untuk mengolah busa ati yang pernah saya gunakan. Tapi tetep pilihan pertama saya untuk mengolah busa ati adalah pisau cutter. Murah meriah dan mudah didapat. Yosh, semangat YOOO!!! HENSHIN!!

Advertisements

10 thoughts on “Alat Potong Untuk Busa Ati

  1. Bro, blog nya berguna buat saya yg masih newbie di bidang percosplayan, meski bisa dibilang umur uda telat buat mulai cosplay :p
    Lanjutkan share nya, banyak yg bakal terbantu dengan adanya blog ini lo 😀

    • wah seneng ada respon positif nih, maaf blm dilanjutkan lagi. lagi sibuk dengan project pesenan soalnya jadi terlantar deh blognya. Tapi data2 buat di upload sedang dikumpulkan koq, ntar klo dah lowong waktunya baru tak upload satu2.

  2. Mau tnya..klo alat yg bs buat potong sampai detil.contoh produk adalah kartun tempel cerita gambar dari spon hati warna THOMAS&FRIENDS…nah kok bs smpe detail gt cara potongnya gmn?ad kah info alat tersebut.?rencana mau buat motif ukiran.tks

    • Assalamualaikum, alat potong busa ati yang bisa memotong atau mengukir detail itu saya sarankan Woodburning Kit. Dan untuk membentuk ukiran2 yang melengkung atau bulat bisa gunakan amplas kayu (no. 100-240), lalu dirapikan lagi dengan di bakar secukupnya dan di ratakan dengan tangan atau alat bantu lain. FYI, jangan membakar sambungan lem aibon karena akan merusak sambungan. Dan aibon itu mudah terbakar.

  3. mas bro…klo agar bisa motong spon ati bentuk lingkaran smpurna n halus pakai apa ya ?? cutter g rata ee…hiks…mhon infonya yaa mas bro

    • Assalamualaikum, sebenernya yg bikin ga rata itu karena belum terbiasa pakai cutter aja biasanya om. Cuma emang ada beberapa aspek yg harus diperhatikan sih.
      1. Ketajaman cutter, kalau cutter ga tajam maka hasil potongan juga ga akan bagus. Saya pribadi kalau harus membuat bentuk lingkaran pasti cutternya saya patahin baru, atau sekalian saya pakai mata cutter baru.
      2. Alas pemotongan, alas buat potong usahakan di tempat yang cukup keras dan licin. Akan lebih bagus kalau pakai alas khusus potong yang banyak dijual dipasaran. Tapi kalau pun ga ada, bisa pakai alas kaca atau ubin keramik yang licin.
      3. Teknik potong, ini yang memang butuh pembiasaan dan latihan. Semakin sering dilatih, hasil potong juga bakal makin rapih.
      4. Jenis cutter, pastikan jenis cutter yg digunakan adalah yang memungkinkan mata pisaunya tidak bergeser atau gampang goyang. Di pasaran banyak dijual jenis cutter yang bisa mengunci mata cutternya agar tidak bergeser saat digunakan.

      Jika semua asek diatas sudah dipenuhi insyallah hasil potong juga akan lebih memuaskan.

      Ada trik sebenernya buat pemula agar hasil potong melingkar di busa ati rapih, yaitu gunakan cetakkan. Misalnya, gunakan gelas kaca yg melingkar. Lalu tekan ke busa ati yang ingin dipotong, kemudian potong busa ati itu mengikuti pola tersebut. Tapi hal ini pun butuh latihan dan terbatas banget pada cetakkan yang tersedia.

      Tetep berlatih dan membiasakan diri kuncinya agar makin baik skill dan hasilnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s