Alat Potong Untuk Busa Ati

ALAT POTONG BUSA ATI ?

Sebagian besar kostum maker pasti akan menjawab “cutter” untuk pertanyaan di atas. Memang ga salah, tapi sebenernya ada beberapa alat potong lain yang bisa digunakan. Dan masing-masing alat potong itu memiliki keunggulan/kekurangan dan fungsi masing2.

Ada beberpa alat potong yg saya tau, yaitu:

1. Cutter

Ini adalah alat ukur paling umum yang digunakan untuk memotong busa ati.

Image

Keunggulan:

  • Mudah digunakan
  • Bisa direffil dan refilnya gampang dibeli di sekitar kita
  • Ada dua ukuran yg tersedia (Besar dan Kecil)
  • Tidak perlu diasah, begitu tumpul tinggal patahin satu ruasnya aja. Ruas yg baru sama tajamnya dengan cutter baru.
  • Mudah didapat di berbagai tempat. Dari mini market sampai foto copy, bahkan warung tradisional terkadang menyediakan.
  • Variasi harga yg macam2 dari yg kurang dari lima ribu sampai yang puluhan ribu. Ya ada harga ada kualitas.
  • Relatif aman karena mata pisaunya bisa di masukkan ke badan pisau.
  • Bisa memotong busa ati dengan berbagai macam ketebalan.

Image

Kekurangan:

  • Perlu pembiasaan dalam menggunakannya. Bagi orang yg jarang atau bahkan belum pernah menggunakannya, cutter hanya akan jadi seperti pisau dapur. Kagog pasti dalam penggunaannya.
  • Kurang nyaman untuk crafting, atau memotong bentuk2 yg rumit.
  • Membutuhkan alas utk memotong. Biasanya saya menggunakan kaca atau ubin yg tidak terpakai. Asal rata dan keras, bisa jadi alas.

2. Gunting

Image

Biasanya gunting saya gunakan  untuk memotong cepat karena gunting bisa segera digunakan tanpa membutuhkan alas.

Kunggulan :

  • Tidak membutuhkan alas. Untuk pemotongan bahan secara cepat, gunting adalah pilihannya, karena tidak membutuhkan alas.
  • Mudah di dapat.
  • Tersedia berbagai jenis dengan harga yg bervariasi.
  • Mudah digunakan, hanya perlu pembiasaan sebentar untuk bisa menggunakannya. Tapi untuk menjadi ahli, ya perlu waktu untuk berlatih.

Kekurangan:

  • Tidak bisa memotong detail2 yg rumit. Tidak seperti cutter, gunting tidak bisa memotong dari tengah bahan.
  • Tidak mudah di asah. Mengasah mata gunting yg tumpul butuh alat n keahlian tersendiri. Jika tak berpengalaman malah akan membuat mata guntingnya makin tumpul.

3. Pen Cutter

ImageImage

Image

Fungsi dan cara kerjanya hampir sama dengan cutter, hanya saja lebih nyaman digunakan karena grip nya yg berbentuk seperti pen.

Keunggulan:

  • Mudah digunakan. Karena gripnya yg nyaman seperti menggunakan pen. Alat ini jadi mudah digunakan.
  • Tersedia berbagai mata pisau sesuai kebutuhan.
  • Harganya relatif terjangkau.
  • Mata pisaunya bisa di refil. Ga perlu di asah, begitu tumpul bisa dibuang.
  • Bisa untuk mengerjakan detail2 kecil yg rumit.

Image

Kekurangan:

  • Agak sulit ditemukan. Alat ini hanya tersedia di toko2 khusus. Seperti Ace Hardware dan Pongs The Best. Di toko2 buku juga kadang dijual, juga di toko2 kerajinan tangan.
  • Refile pisaunya agak sulit ditemukan, bahkan lebih sulit dari pada pisaunya sendiri.
  • Tidak bisa memotong busa ati yg terlalu tebal. Karena mata pisaunya yg tidak begitu panjang.

4. Pisau Dapur

Image

Siapapun tau alat ini. Dipake buat motong apa aja bisa, termasuk busa ati. Well tak rasa ga perlu menjelaskan kelebihan n kekurangannya.hehehehe.

 

 

5. Wood Crafting Solder/Woodburning kit

Image  Image

 

Image

Alat ini mungkin alat yg ga semua costume maker tau. Salah satu alat yg saya sarankan untuk mengerjakan ukiran detail di busa ati. Sebenernya alat ini diperuntukkan pada bahan kayu. Kalau kayu saja bisa, busa ati pasti lebih bisa.

Secara gamblang sebenernya alat ini adalah solder yg dapat diganti matanya dengan berbagai macam jenis mata. Termasuk pisau yg digunakan pada pen cutter. Dan dengan panas yg dihasilkan olehnya memotong busa hati jadi pekerjaan yg benar2 gampang. Bahkan bisa memotong sangat tipis.

Keunggulan:

  • Memiliki bermacam2 mata yg bisa diganti-ganti dan memiliki macam2 fungsi.
  • Mempermudah dalam memotong busa ati. Karena panas dipadu dengan tajamnya pisau, busa ati jadi gampang dipotong.

Image

Kekurangan:

  • Sulit ditemukan. Alat ini agak sulit ditemukan, saya sendiri beli di Ace Hardware. Dan stok nya sendiri sering kosong.
  • Harganya cukup mahal. Mungkin bagi yg berduit 150.000 cuma angin lewat. Tapi bagi kostum maker yg masih sekolah atau kuliah. Harga ini cukup menguras kantong.
  • Agak sulit handlenya. Karena grip nya yg dibuat berdasarkan bentuk solder, jadi grip dan handlingnya agak ga nyaman. Perlu pembiasaan bila mau menggunakannya utk mengukir busa ati. Dan karena daya potongnya ke busa ati bagus, jadinya harus sangat hati-hati jika ga mau merusak apa yg sudah dibuat. N saat menggunakannya dianjurkan menggunakan sarung tangan. Untuk melindungi dari hal-hal yg tidak diinginkan. Saya pribadi pernah ga sengaja mengores tangan sendiri cukup dalam dan itu ga berasa karena sangat tajam dan panas. Tau tau dah berdarah aja.hohohohoho
  • Perlu sering dibersihkan. Dikarenakan alat ini tidak dibuat untuk mengolah bahan plastik. Makanya saat digunakan untuk busa ati sering terjadi bagian busa ati yg gosong menempel ke ujungnya.

Beberapa alat potong diatas dapat digunakan untuk mengolah busa ati yang pernah saya gunakan. Tapi tetep pilihan pertama saya untuk mengolah busa ati adalah pisau cutter. Murah meriah dan mudah didapat. Yosh, semangat YOOO!!! HENSHIN!!

Advertisements

Mari Mengelem

Mungkin dah banyak yg tau lem kuning seperti Aica Aibon (baca: Aibon). Dan yg make pasti juga dah banyak. Tapi ga papa lah dibahas lagi, sapa tau ada yg belom pernah liat n pake barang wajib para kostum maker ini.

Begini, aibon itu adalah perekat (lem) yg dipakai untuk busa ati, busa kasur, kulit imitasi, dan lain sebagainya. Gunanya sangat banyak, selain buat lem, bisa juga jadi pengganjal pintu (bottolnya sih), tatakan buat ngelapis waterproof or ngecat (masih botol/kalengnya), dan fungsi lainnya adalah penyebab bencana (bila tumpah ke kaki berbulu lebat).

Bagi yg belum pernah menggunakan lem ini, saran terbaik saya adalah baca keterangan pada kaleng. Tentang cara penggunaannya dan tindakkan yg dilarang. Dan bagi yg sudah membaca artikel ini dan ga ada kaleng aibon di jangkauannya, maka silahkan meneruskan baca artikel ini. Monggoo.

ImageLem ini sangat mudah terbakar, terutama dalam keadaan cair. Jadi jauhkan dari api ya.
Lem ini bekerja dengan mengoleskan kedua sisi yang akan direkatkan. Berikut langkah2 penggunaan lem aibon:

  1. Siapkan dua permukaan yg akan direkatkan. Bersihkan dari debu, air dan minyak
  2. Oleskan sedikit saja aibon pada permukaan pertama, lalu ratakan dengan perata lem (baca: perata)
  3. Setelah rata pada seluruh permukaan, lanjutkan pada permukaan satunya.
  4. Kemudian, angin-anginkan kedua permukaan hingga dirasa kering. Salah satu tanda sudah kering adalah bila di sentuh sudah tidak lengket.
  5. Tempelkan kedua permukaan terbut hingga menempel sesuai keinginan. Hati2 lah, karena begitu merekat kedua permukaan tersebut akan menjadi sulit dilepas. Jika dipaksa ada kemungkinan akan merusak bahan yg ingin di tempelkan itu.
  6. Setelah di rekatkan, lalu tekan2lah permukaan yg sudah disatukan itu. Proses ini bertujuan memperkuat hasil lem tersebut.
  7. Selesai

Silahkan lihat disini utk videonya.

 

Perata yg biasa digunakan macem2, mulai dari busa ati yg cukup tebal (5mm-15mm), kartu kredit yg sudah tidak digunakan, karton tebal, dll. Klo saya pribadi menggunakan acrylic pager yg sebenernya bisa digunakan utk membuat visor atau mata kamen rider.ImageBarangnya banyak dijumpai di toko bangunan, murah (paling ga lebih murah dari mika). Satu meternya Rp.20.000,- Rp.40.000,-, tergantung kualitas n toko. Untuk perata cukup digunting sedikit sesuai keperluan. Eh iya, acrylic pager ini bisa digunting koq, jadi gampang utk diolah sesuai kebutuhan. Beda dengan mika, kudu pake cutter. Dan itu pun ga mudah. Klo mau mudah pake grinda kecil, tapi ga semua orang kan punya grinda. So yg praktis2 aja lah. ImageTuh, kira2 sekecil itu aja koq butuhnya, lalu penggunaannya bisa dilihat di video  yg sudah saya share diatas. Kenapa saya menggunakan acrylic pager ini untuk perata? Alasannya simple koq. Pertama, bahannya mudah didapat. Lalu, mika ini kan bisa dijadikan visor atau mata rider, jadi yah ga masalah lah beli banyak juga toh akan terpakai. Dan yang paling penting adalah, acrylic ini bisa dibersihkan jika sudah terlalu kotor. Ga seperti karton tebel, yg setelah kotor karena aibon jadi ga bisa dipakai. Klo kartu kredit? Mmmm lupain deh… hehehe.

Sebagian kostum maker ada yg menggunakan busa ati untuk sebagai perata lem, tapi saya tetep lebih prefer acrylic ini karena bahannya yg lebih keras dari busa ati, jadi bisa lebih meratakan lem lebih baik (menurut saiya). Begitu loooh

 

Busa ati / Spon ati / Eva Sponge Sheet

gambar dapet dari browsing google

Wujud busa ati secara umum

Bahan utama yang paling dikenal untuk buat kostum nih. “BUSA ATI” namanya, klo di jogja namanya “Spon Ati”, dan klo dalam bahasa ingriss namanya “Eva Sponge Sheet”. Warna umumnya hitam atau putih. Tapi sebenernya pilihan warnanya sangat banyak. Selain warna busa ati juga memiliki banyak texture dan ketebalan yg bermacam-macam.

Busa ati juga punya banyak kegunaan, di dunia home industri banyak sekali yang menggunakan benda ini sebagai bahan utama. Sol sendal atau sepatu misalnya, lalu pelapis lantai sebagai peredam benturan pada dojo atau tempat latihan beladiri, lalu lapisan tambahan pada box agar memiliki bentuk yg solid, pokoknya banyak deh gunanya.

Image

macam2 jenis dan warna busa ati

Bisa dilihat di gambar diatas macam dan bentuk busa ati.
Dalam pembuatan kostum busa ati yg saya biasa gunakan memiliki ketebalan 2mm sampai 10mm. Tergantung kebutuhan. Biasanya untuk pembuatan armor atau helm saya gunakan busa ati 3mm-5mm. Sedangkan untuk detail biasanya yang 3mm atau kurang. Busa ati ketebalan 10mm biasanya lebih digunakan untuk pembuatan senjata atau property yg membutuhkan ketebalan dan bentuk yg solid.

Warna yg umum digunakan adalah warna hitam dan putih. Tapi saya lebih milih warna putih karena alat utk menggambar pola diatasnya lebih murah dan mudah didapat, yaitu pensil. Sedangkan untuk warna hitam kita bisa menggunakan pulpen warna putih atau silver, apensil warna putih, ato dermatograph warna terang.

ImageUntuk pembahasan mengenai cara menggambar pola di busa ati akan dibahas di post berikutnya.

Lalu dimana busa ati bisa ditemukan? Kalo ada yg ngejawab di pasar, mmmm ga salah sih. Asal bukan pasar ikan ato pasar sayur aja nyari nya. hehehehe.

Sebenernya busa ati itu gampang ditemukan, di ace hard ware aja ada koq. Di carefour juga ada, cuma busa ati yg ada di sana bukan tipe busa ati yg akan kita butuhkan. Karena selain bentuk dan texturenya diluar kebutuhan. Harganya juga alhamdulillah mahal.

Yang kita butuhkan busa ati yg murah, dan buanyaak. Dan itu ada di :
1. Jakarta :  a.Tanah Abang (TA).

Image

tempat beli busa ati paling legendaris se jakarta

Siapapun yg pernah melewati TA pasti pernah melihat tumpukkan busa ati di pinggir jalan. Percalah itu dijual. Jika dari arah cideng, dia ada di sebelah kiri jalan setelah underpass TA.

Image

jatinegara, macet uuy

b. Jatinegara. Kalau dari arah otista, ambil jalur kanan. jalan sante aja, ntar keliatan koq toko2 nya, banyak yg jual klo di jati negara soalnya. Klo kelewatan, muter baliknya agak ribet. Jadi jalannya pelan2 aja ya.

Ada beberapa tempat lain di jakarta yg menjual busa ati, tapi yg pernah saya datangi baru dua tempat tersebut.

Image

LIMAAAN

2. Jogjakarta. Ada banyak tempat sebenarnya yg menjual busa ati di jogja. Tapi tempat yg menjual dalam sekala besar, dan ostomastis lebih murah bertempat di jl. Malioboro. Yup tepat di jantungnya jogja. LIMAN nama tempat ajaib tersebut, kenapa saya bilang ajaib. Karena tempat ini adalah surga bagi kostum maker. Begitu banyak bahan mentah yg bisa kita dapatkan disini. Mulai dari busa ati, kulit imitasi, keling an, kunci koper (kunci yg dipake di helm resin), dsb.

Harga busa ati bermacam2 tergantung ketebalan biasanya. Tebal 2mm-3mm berkisar antara Rp.12.000,- sampe Rp.16.000,-.
4mm-6mm sekitar Rp.30.000,- sampe Rp.40.000,-. Dan yang 10mm berkisar di harga Rp.60.000,- sampai Rp.75.000,-.
Beda tempat beda harga, ga selalu sama harga di tempat yg beda. Bahkan terkadang di tempat yg sama tapi hari yg beda bisa beda harga.

FYI, lembaran busa ati itu sering tidak sama ketebalannya di setiap bagian. Biasanya di bagian2 pinggir busa ati cendrung lebih tipis dari pada bagian yg lain. Makanya, kalau mau membeli busa ati perhatikan benar seluruh permukaannya jgn sampe membeli busa ati yg rusak.

Yang dimaksud rusak disini adalah, terlalu banyaknya bagian permukaan busa ati yg tembelnya ga sama, permukaannya ga rata  atau bahkan permukaan yg bolong. Sering kali yg jual pun ga tau kerusakkan itu, karena biasanya ada di tengah2 lembaran. Jadilah pembeli yg teliti. Cek seluruh permukaan, cek ketebalannya apakah sesuai dengan kebutuhan, cek kwalitas bahan, cek warna apa sudah sesuai pesanan. Dan perlu diketaui busa ati yg terpapar panas matahari terlalu lama, akan mudah rontok. Yak, rontok jadi debu gitu. Bahkan kostum maker pun mungkin ga banyak yg tau ini. Makanya pastikan busa ati yg dibeli itu diambil dari gudang bukan dari yg di pajang di luar toko. Kalau pun diambil dari pajangan, pastikan bahannya masih bagus, masih lentur dan kuat.

Musuh utama busa ati memang suhu yg panas. Coba aja bakar busa ati, pasti akan langsung menyusut dan menjadi keras dan ga bisa dipakai deh. Hanya saja jika kita cukup bijak memanfaatkan kelemahan ini, kita bisa menjadikannya suatu cara memaksimalkan fungsi busa ati. Bingung? Akan saya bahas di post berikutnya mengenai membentuk busa ati dengan panas dan api.

Masih banyak hal yg berkaintan dengan busa ati yg akan terlalu panjang jika dibahas di satu postingan. Di lain kesempatan akan saya bahas menganai hal2 tersebut, diantaranya adalah cara memotong dan berbagai macam jenis potongan yg akan memaksimalkan fungsi busa ati tsb. Jadi motong busa ati ga sekedar potong loo ya, ada trik dan caranya.

Sekian dlu yak. Wassalamualaikum wr wb

Note: Link lain mengenai busa ati yg mungkin bisa membantu http://zhugekamiya.blogspot.com/2012/05/sedikit-info-tentang-busa-hati-dan.html

costume maker

Image

Berawal dari nonton, lalu menirukan gayanya, lalu timbul keinginan untuk menjadi salah satunya. Kamen Rider, ya ga mungkin lah ya. Cuma cosplay koq.
Lalu mencari tau cara ngebuat kostumnya, dari temen, dari internet, dari buku, dll. Dan ternyata memang ga ada kitab khusus yg ngebahas cara ngebuat kostum kamen rider. Tahun 2002 klo ga salah waktu awal2 saya belajar buat kostum.
Nasib memepertemukan niat dan gurunya (akhirnya). Ga sengaja berkenalan dengan seorang dedengkot tokusatsu indonesia. Ade irawan namanya, nama lainya Nawa reida. Pemilik sekagus pendiri jtoku jogja. eiits, pada masa itu jtoku belum ada. baru berupa benih kayaknya (lupa).

Bareng nawa lah saya belajar n mencari cara untuk membuat kostum, dan bahan pertama yg saya kenal adalah resin. Dan sangat ga mudah ngebuat resin jadi kostum. sampai sekarang pun masih ga bisa menguasai elemen resin ini. Hadeeh #tepokjidad.

Seminggu, sebulan, setahun, beberapa tahun, akhirnya menyerah pada resin. Dan menemukan bahan yg namanya busa ati, klo di jogja spon ati namanya. Bahan baku baru, mudah didapat dan cukup terjangkau harganya. Dulu belum sesakti sekarang, busa ati masih asing sekali. Tapi karena keinginan untuk jadi rider sangat kuat kita pun ga nyerah. Cukup panjang proses belajarnya. Bahkan sampai sekarang pun masih belajar. hohohoho.

Pengalaman memang guru paling bagus, bertemu dengan banyak orang. Termasuk dengan salah satu kostum maker terbaik di indonesia, Imajiku. Mereka sempat diberi kepercayaan ngebuat kostum2 moster di Bima Satria Garuda. Tapi sayangnya kostum2 buatan mereka tidak digunakan karena kalah nama dengan maker dari jepun. Dari imajiku lah kita banyak belajar cara memanfaatkan busa ati secara maksimal. Mulai dari penggunaan pola, pelapisan dengan rubber (lebih dikenal dengan aquaporoof), dan pengecatannya. Thanks to imajiku.

Any way, kita persingkat aja. Setelah sekian lama membuat kostum2. Terutama tokusatsu. Banyak hal2 yg didapat yg bisa saya sharing di blog ini. Mulai dari bahan yg digunakan, lem yg bagus, trik dan tips, tempat mencari bahannya. Pokoknya segala hal yg berhubungan dengan kostum maker yg saya tahu.

Ilmu kan akan makin berkembang jika di bagikan. Dan semoga berguna bagi rekan2 kostum maker. Baik yg sudah senior atau pun yg baru akan belajar.

Aminn